Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Sebagai salah satu pendatang baru di pasar Android, Xiaomi menjadi salah satu penguasa karena menyuguhkan perangkat berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Namun, seperti pada Android umumnya, Xiaomi juga sering mengalami bootloop atau mati sendiri.

Hp xiaomi

Kendala ini akan menjadi masalah besar jika terlalu sering terjadi. Untuk itu, pengguna Xiaomi perlu mengetahui penyebab HP Xiaomi mati sendiri dan cara mengatasinya.

Nah, buat Anda yang masih awam, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Saja Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri?

Perangkat Android seringkali mengalami masalah mati secara tiba-tiba, bisa mati sendiri ataupun restart sendiri. Hal ini ternyata disebabkan oleh berbagai faktor, bisa dari faktor internal maupun eksternalnya. Adapun penyebab HP Xiaomi mati sendiri yaitu:

  • Terdapat virus yang menyerang sistem maupun aplikasi di dalamnya.
  • Aplikasi atau file rusak dan mengakibatkan eror pada sistem.
  • Sering mengisntall aplikasi atau program yang tidak resmi sehingga berpotensi pada penyebaran virus maupun malware.
  • Penggunaan Android secara berlebihan sehingga menyebabkan overheating dan degradasi CPU.
  • Kapasitas RAM maupun penyimpanan lainnya penuh.
  • Pernah melakukan custom ROM yang tidak sesuai dengan kapasitas perangkat.
  • Terjadi perubahan pada sistem Android (misalnya telah dilakukan root).
  • Terjadi kesalahan ketika melakukan flashing firmware pada Android.

Bagaimana Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri?

Sebenarnya, untuk mengatasi HP Xiaomi yang sering mati sendiri terdapat beberapa cara. Setiap cara tergantung pada penyebab Android mati sendiri.

Berikut beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengatasi HP Xiaomi mati sendiri.

Menjalankan Program Antivirus

Cara pertama untuk mengatasi HP Xiaomi mati sendiri adalah dengan menjalankan antivirus. Hal ini ditujukan untuk memindai semua aplikasi maupun data lainnya yang mungkin terserang virus.

Jika selama pemindaian ditemukan aplikasi atau data yang mengandung virus, lakukan uninstall langsung. Untuk menghindari kerusakan pada sistem akibat virus, sebaiknya jalankan antivirus secara rutin.

Menghapus File atau Aplikasi Eror

Sebuah aplikasi atau file yang error akan mengganggu kinerja sistem. Hal ini berpotensi pada kemungkinan terjadinya bootloop. Jika bootloop terjadi setelah Anda memasang sebuah aplikasi tidak resmi, sebaiknya langsung uninstall aplikasi tersebut. Hal ini juga berlaku pada file atau data lainnya.

Melakukan Wipe Data

Pada beberapa point penyebab HP Xiaomi mati sendiri di atas, salah satunya yaitu karena kapasitas RAM maupun memori penyimpanan lainnya terlalu penuh. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan wipe data pada Android.

Wipe data ini tersedia beberapa pilihan, hanya untuk menghapus file sampah saja atau secara keseluruhan. Adapun cara melakukan wipe data yiatu:

  • Langkah pertama yaitu matikan Android Xiaomi.
  • Setelah itu, tekan tombol Volume up (+) dengan Power secara bersamaan untuk masuk ke Mi Recovery.
  • Selanjutnya pilihlah Wipe & Reset, maka akan muncul beberapa pilihan terkait wipe data.
  • Kemudian pilihlah metode wipe data sesuai dengan keinginan. Jika ingin melakukan factory reset maka bisa memilih Wipe All Data, namun pastikan telah melakukan backup data penting terlebih dahulu.
  • Langkah terakhir yaitu kembalilah ke menu awal dan melakukan reboot perangkat.

Terkait factory, silahkan baca di : 5 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Masuk Recovery

Flashing ROM

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi HP Xiaomi mati sendiri yaitu dengan melakukan flashing ROM. Metode ini bisa dilakukan jika ponsel mengalami bootloop, softbrick maupun hardbrick. Proses flashing ulang ini bisa dilakukan dengan bantuan PC.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab HP Xiaomi mati sendiri dan cara mengatasinya. Yang jelas, pastikan dulu penyebabnya agar bisa memilih cara penanggulangan paling efektif. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Seorang blogger yang mencintai dunia teknologi dan ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang informasi tekno terbaru, saya senang jika tips yang saya berikan bisa bermanfaat bagi banyak orang.