5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

laptop

Laptop merupakan perangkat portable yang memang sering digunakan, entah untuk bekerja maupun sekedar main game atau nonton film kesukaan.

Akan tetapi lambat laun Laptop jadi mudah mengalami masalah, salah satunya sering restart sendiri. Tentu hal ini sangat mengganggu bukan? Apalagi ketika laptop sedang digunakan untuk aktivitas yang penting.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, lebih baik kenali penyebab dan cara mengatasi laptop restart sendiri yang akan dibahas dalam tulisan berikut.

Beda Penyebab, Beda Juga Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Mengatasi laptop yang restart sendiri, maka Anda perlu mengetahui apa penyebabnya. Karena beda penyebab tentu saja akan beda juga untuk cara mengatasinya. Nah berikut ini beberapa case penyebab laptop restart sendiri dan solusinya:

Laptop Over Heat

Masalah laptop yang sering restart sendiri bisa disebabkan karena over heat. Biasanya hal ini terjadi jika ada kerusakan pada kipas pendingin laptop. Untuk mengetahui apakah Laptop Anda mengalami over head bisa dengan melihat temperature di menu Hardware Monitor di program BIOS.

Atau bisa dengan menggunakan CPUID Hardware Monitor. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memperbaiki kipas pendingin atau mengganti baru. Selain itu, bersihkan bagian kipas pendingin dari debu-debu yang dapat menyumbat udara.

Serangan Virus

Laptop yang sering restart juga bisa disebabkan karena serangan virus. Virus bisa menyebabkan kinerja memori menjadi lebih berat karena harus melakukan proses yang berulang-ulang. Akibatnya Laptop akan menjadi sering restart sendiri.

Sehingga untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan software anti virus dan anti malware, serta usahakan untuk selalu melakukan update OS anda. Sebaiknya gunakan yang premium jika memang Laptop digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Anda juga bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membantu membersihkan perangkat.

Harddisk Bad Sector

Harddisk yang mengalami bad sector juga sering menjadi penyebab laptop sering restart. Masalah lainnya yang bisa terjadi karena faktor ini adalah laptop yang mengalami hang, tidak bisa booting dan muncul bluescreen.

Sehingga untuk mengatasi masalah ini Anda perlu melakukan scandisk atau checkdisk. Tujuannya adalah unutk men-defrag hraddisk secara berkala. Dan pastikan juga Anda selalu mematikan laptop dengan benar, yakni dengan cara di shutdown.

Jika HDD sudah rusak, kami sarankan anda menggantinya ke yang lebih bagus seperti SSD. Atau ingin yang yang lebih cepat performanya, bisa gunakan jenis SSD NVME.

Kondisi RAM yang Tidak Sehat

Jika Anda merasa yakin dan sudah dipastikan bahwa semua komponen hardware dalam keadaan yang baik, maka bisa jadi RAM laptop Anda dalam kondisi yang tidak sehat. Karena RAM yang bermasalah juga menjadi salah satu penyebab laptop sering restart sendiri.

Kondisi RAM yang tidak sehat biasanya ditandai dengan laptop yang kelihatan normal saat digunakan, namun sesekali mengalami restart sendiri. Jika memang ada masalah pada RAM Laptop Anda, maka solusinya adalah dengan mengganti RAM yang baru agar laptop Anda bisa berjalan normal kembali.

Repair/ Clean Install Windows

Cara ini bisa dilakukan jika Anda memang tidak mengetahui apa penyebab laptop yang terus menerus restart sendiri. Beberapa jenis Laptop sudah menyediakan licence jika Windows akan dilakukan intal ulang, namun jika tidak ada, Anda bisa melakukan konfirmasi ke vendor laptop.

Cara ini sangat ampuh untuk mengembalikan peforma perangkat laptop Anda dengan melakukan recovery. Pastikan data-data Anda sudah terback-up ya sebelum melakukan cara ini.

Kesimpulan

Banyak sekali yang bisa menyebabkan laptop sering mati sendiri, namun menurut pengalaman pribadi saya sendiri yang paling sering menjadi penyebabnya adalah dari OS atau Windows yang digunakan. Apalagi jika anda pengguna dengan OS hasil crack, jika tidak kompatibel dengan sistema pasti akan sering bermasalah.

Solusinya adalah, usahakan anda membeli Windows asli dari Microsoft, atau beli lisensinya saja untuk melakukan aktivasi secara online. Lisensi ini juga dapat anda beli di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya.

Nah itulah ulasan tentang cara mengatasi laptop restart sendiri. Jadi untuk mengatasinya bisa disesuaikan dengan penyebabnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Komentar ditutup.