Beli HP Second Aman? Begini 5 Cara Mengecek HP Samsung Bekas

Diposting pada

Beli HP Second Lebih Aman? Begini 5 Cara Mengecek HP Samsung Bekas – Pasar gadget merupakan salah satu peluang bisnis paling menjanjikan karena keberadaannya mampu menjadi barang kebutuhan primer manusia. Sayangnya, harga jual Android mengalami penurunan yang cepat.

Cara Mengecek HP Samsung Bekas

Oleh karena itu, tak sedikit orang memilih membeli HP bekas untuk meminimalisir kerugian. Tapi, Anda juga harus berhati-hati agar mendapatkan barang terbaik.

Nah, biar nggak dirugikan, berikut 5 cara mengecek HP Samsung bekas sebagai pertimbangan.

5 Cara Mengecek HP Samsung Bekasi Terampuh

1. Cek Kondisi Fisik

Sebelum melihat lebih jauh terkait performa perangkat, pengecekan pertama yang perlu dilakukan saat membeli HP Samsung bekas yaitu dengan melihat kondisi fisik.

Pengecekan ini dilakukan secara keseluruhan pada body HP, mulai dari kondisi case, camera hingga layarnya.

Jika kondisi masih baik, tidak ada bekas goresan parah atau pecah akibat jatuh maka masih layak untuk dibeli.

Selain itu, Anda juga perlu melihat kondisi segelnya. Biasanya jika kondisi segel sudah terbuka maka barang tersebut pernah dibongkar (diperbaiki).

2. Cek Kecepatan Booting

Pengecekan lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya HP Samsung bekas dibeli yaitu cek kecepatan booting. Jika booting lamban menandakan terjadinya penurunan performa pada perangkat tersebut.

Cara untuk mengecek kecepatan booting yaitu dengan mematikan baterai dan melepas semua komponen eksternalnya (baterai, SIM dan micro SD). Setelah itu memasang dan menyalakan kembali HP.

Hitunglah waktu saat Anda menekan tombol power hingga keluar tampilan home screen.

Selain itu, bisa juga membandingkan dengan HP lain yang dirasa normal. Hal ini berfungsi untuk mengetahui kecepatan bootingnya apakah memang lancar atau tersendat-sendat.

3. Cek Kondisi Sistem

Setelah kedua pengecekan di atas, pengecekan lainnya yang harus dilakukan yaitu cek kondisi sistem. Pengecekan ini berfungsi untuk mengetahui apakah sistem masih mumpuni atau mengalami penurunan. Pengecekan kondisi sistem bisa dilakukan menggunakan kode rahasia.

Untuk HP Samsung, pengguna cukup menekan tombol *#0*# pada menu dialpad. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan cek standar perangkat seperti kondisi layar, getar, sensor, touch screen, speaker, kamera, LED dan beberapa kondisi lainnya.

Selain itu, bisa juga mengecek informasi HP dengan memanggil *#*#4636#*#*. Di situ Anda akan disajikan info lengkap terkait statistik program dan kondisi baterai.

4. Cek Garansi

Pengecekan garansi juga perlu dilakukan dalam membeli HP Samsung bekas. Garasi ini akan memberi jaminan kepada calon pembeli jika nantinya ada kerusakan.

Lumayan kan jika ada garansi biaya perbaikan bisa ditanggung pihak pengembang. Pengecekan kondisi garansi ini bisa ditanyakan langsung kepada penjual HP.

5. Cek IMEI

Terakhir yaitu melakukan cek IMEI. Pengecekan ini seringkali disepelekan karena tida terlalu penting. Padahal, nomor IMEI ini bisa digunakan untuk mengetahui legalisat sebuah HP. Harusnya, IMEI pada perangkat sama dengan nomor yang tertera di box HP.

Pengecekan IMEI bisa dilakukan dengan mengetikkan kode *#06# pada dialpad. Selanjutnya akan muncul nomor sejumlah 15 digit. Selain di box, IMEI juga tertera di baterai HP.

Selain mengetahui legalitas, IMEI ini juga bisa dijadikan sebagai sumber informasi dimanakan barang tersebut diproduksi. Kode negara ini bisa dilihat pada digit ke-7 dan 8.

Dengan mengetahui negara produksinya, Anda bisa memprediksikan kualitas perangkatnya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung, Pakai 7 Cara ini!

Nah, itulah tadi 5 cara mengecek HP Samsung bekas yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum membeli HP second. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Seorang blogger yang mencintai dunia teknologi dan ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang informasi tekno terbaru, saya senang jika tips yang saya berikan bisa bermanfaat bagi banyak orang.