5 Cara Membuka Pola Android Tanpa Reset, Work 100%!

Diposting pada

Smartphone Android Kamu tentu tersimpan banyak hal yang penting, bahkan yang bersifat rahasia atau privasi. Sehingga tentunya Kamu akan berusaha benar-benar untuk mengamankannya dari tangan jail, apalagi dari teman-teman Kamu yang suka usil. Salah satunya dengan membuat smartphone terkunci dengan pola.

Kunci Pola Android

Akan tetapi, masih banyak kasus yang ternyata pengguna smartphone lupa dengan pola ponsel mereka sendiri. Lalu bagaimana jika lupa password pola pada Android Kamu?

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa satu-satunya cara adalah dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik atau factory reset.

Padahal tentu saja cara tersebut akan membuat semua data di memori internal ponsel Kamu terhapus dan belum sempat di-back up. Lalu apakah ada cara lain tanpa harus di reset ke setelan pabrik? Tidak perlu khawatir maupun panik, Kamu bsia mencoba beberapa cara dibawah ini ;

5 Cara Ini Bisa Membuka Pola Terkunci Tanpa Reset

1. Menggunakan fitur Forgot pattern / lupa sandi

Jika Kamu kedapatan salah dalam memasukan sandi/ pola smartphone maka:

  • Akan terdapat pilihan dibawah keyboard yaitu “forgot pattern”, maka klik pada pilihan tersebut.
  • Kamu akan disuguhkan kolom untuk memasukan alamat email beserta password, jika sudah Kamu masukan email pilih sign in.
  • Kamu akan dihadapkan dengan pilihan “jawab pertanyaan” atau “kirimkan pola baru”. Pilihlah kirim pola baru.
  • Dengan membuka email di perangkat lain maka Kamu akan mendapatkan pesan yang berisi pola baru.
  • Terakhir, masukkan pola yang dikirim di smartphone terkunci. Cara ini hanya membutuhkan sambungan internet dan alamat email aktif.

2. Membuka pola dengan Android Device Manager

  • Buka browser dengan meminjam smartphone teman, lalu akses browser dan masuk ke Android Device Manager
  • Pastikan Log in dengan akun yang terdapat pada smartphone yang terkunci.
  • Pilih log in dan Kamu akan menemukan 3 pilihan, deringkan, kunci atau hapus.
  • Pilih kunci lalu Kamu akan diminta memasukan kata sandi baru. Sesudah masukan pilih ok. Dan smartphone Androidmu telah terbuka.

3. Lakukan Reboot to Safe Mode

Cara ini adalah jika Kamu menggunakan aplikasi keamanan pihak ketiga. Caranya Kamu cukup masuk ke aplikasi dan cari pilihan safe mode lalu Kamu tinggal memilih non aktifkan sandi / pola.

4. Gunakan Smartphone teman untuk panggilan

Cobalah dengan meminta bantuan teman untuk meneleponmu. Disaat panggilan berlangsung maka Kamu pilihan menu lalu masuk ke pengaturan dan non aktifkan sandi/pola. Lalu kembali ke panggilan dan akhiri panggilan maka Android Kamu sudah bisa diakses.

5. Membuat Crash Lock Screen

  • Pada layar tampilan pola pilih panggilan darurat saja, lalu masukan bintang (*) secara berurutan 10x kemudian copy ulangi disebelahnya sampai sudah tidak bisa menampung lagi karakter yang Kamu copy.
  • Lalu kembali ke layar terkunci dan pilih kamera,
  • Tarik jendela notifikasi lalu pilih pengaturan.
  • Kamu akan diperintahkan untuk masukkan sandi. Kemudian tekan lama dan paste pada kolom tersebut hingga penuh oleh karakter. Akibat penuh inilah layar terkunci akan crash/rusak sehingga Kamu dapat mengakses Android Kamu.

Jika semua cara diatas sudah dicoba namun tetap tidak berhasil, maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan factory reset. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua perangkat Android khususnya Samsung akan mudah di reset, sebab ada fitur bypass akun Google yang akan meminta email pertama untuk verifikasi pengguna.

Tidak ada salahnya jika Kamu mencoba yang terbaik bagi smartphone tersayang Kamu tanpa perlu mereset dan kehilangan smua berkas penting Kamu.

Baca juga : 5 Aplikasi Pengganti Tombol Power Rusak untuk Semua Hp Android

Jika Kamu mengalami kegagalan dengan contoh cara diatas maka cobalah ke jasa service untuk dibuka melalui pc Adb. selamat mencoba!

Gambar Gravatar
Seorang blogger yang mencintai dunia teknologi dan ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang informasi tekno terbaru, saya senang jika tips yang saya berikan bisa bermanfaat bagi banyak orang.