7 Tata Cara Daftar Grab Bike Secara Online (Terbaru 2019)

Diposting pada

7 Tata Cara Daftar Grab Bike Secara Online – Menjadi driver grab bike mungkin bisa menjadi salah satu pilihan mata pencaharian untuk penduduk perkotaan.

Tata Cara Daftar Grab Bike Secara Online

Jasa Grab ini cukup diminati sehingga banyak juga yang ingin mendaftar sebagai mitra. Jika masih ada yang kesulitan mendaftar, berikut cara daftar grab bike secara online dengan mudah dan cepat.

Daftar grab secara online dinilai lebih mudah dibandingkan harus datang langsung ke kantor grab. Juga karena lebih praktis, kita tinggal input data diri kita lalu tinggal menunggu pengumuman diterima atau tidaknya langsung via email atau telepon.

1. Pahami Persyaratan Yang Telah Ditetapkan Pihak Grab

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon driver grab bike. Sebelum mulai langkah mendaftar ada baiknya pahami terlebih dahulu sejumlah persyaratan tersebut. Berikut beberapa persyaratan dari pihak grab.

  • Usia calon driver harus tidak boleh dari 55 tahun, dihitung ketika melakukan pendaftaran.
  • Calon driver harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Khusus untuk pendaftar berusia lebih dari 50 tahun harus melampirkan surat sehat dari dokter.
  • Pendaftar harus bisa baca dan tulis serta paham lokasi beroperasi nantinya.
  • Sepeda motor yang akan digunakan harus dalam keadaan layak dan tidak dimodif secara ekstrim. Motor tipe non- trekking juga tidak diperkenankan.
  • Memiliki smartphone dengan minimal RAM 1 GB, tidak CDMA serta berlayar 5 inci.
  • Mempunyai alamat akun Google dan masih aktif.

2. Mempersiapkan Dokumen Terkait

Meskipun secara online, pihak Grab menginstrusikan untuk mengupload sejumlah dokumen sebagai pendukung data diri. Nantinya dokumen ini harus terlebih dahulu discan atau difoto sehingga memudahkan proses upload pada lama website. Berikut apa saja dokumen yang harus disiapkan untuk kemudian diupload.

  • KTP asli dan masih berlaku.
  • Surat keterangan domisili bagi yang memiliki KTP luar kota.
  • SIM dalam hal ini SIM golongan C yang tentunya masih berlaku.
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), pastikan masa berlaku masih aktif.
  • STNK motor asli dan yang masih berlaku.
  • Kartu Keluarga asli yang masih berlaku.

3. Kunjungi Website Resmi Grab

Setelah memahami persyaratan serta mempersiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan, langkah selanjutnya dari cara daftar grab bike online yaitu mengunjungi alamat website.

Segera buka alamat website Grab yaitu di www.grab.com/id/driver/bike/. Setelah laman itu dibuka akan muncul perintah yang intinya “bergabung dengan Grab” lalu klik.

4. Mengisi Formulir Identitas

Ketika sudah masuk laman “Bergabung dengan Grab” maka akan ditemukan kolom-kolom yang harus diisi oleh pendaftar. Pastikan mengisi seluruh kolom sesuai kenyataan sebenarnya. Data yang diisi seputar nama, nomor telepon, domisili dan pertanyaan lainnya. Kode referensi bisa diisi dengan 0.

Jika telah semua diisi, selanjutnya klik pernyataan pada kolom “saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku”. Jangan lupa juga klik kolom “I’m Not a Robot” kemudian klik “Daftar Sekarang”, jika telah benar-benar yakin.

5. Tunggu Kode Konfirmasi OTP Dari Admin

Setelah mengklik “daftar sekarang”, selanjutnya pendaftar tinggal menunggu kode konfirmasi OTP yang akan dikirimkan melalui nomor ponsel.

Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan nomor telepon yang selalu aktif ketika mengisi data di awal. Ini akan memudahkan pihak admin untuk menghubungi dan mengirimkan kode OTP.

Biasanya kode OTP tersebut berisi 4 digit. Kode inilah yang nanti akan digunakan menjadi kunci agar bisa login untuk upload dokumen pendukung.

6. Mengisi Data Diri Serta Upload Dokumen Pendukung

Setelah mendapat kode untuk login, langkah selanjutnya dari cara daftar grab bike secara online adalah melengkapi data diri. Selain itu pendaftar harus mengupload dokumen yang telah dipersiapkan tadi.

Ingat usahakan upload dengan file yang berkualitas agar mempermudah pemeriksaan pihak admin.

Setelah yakin semua data terisi serta dokumen telah terupload dengan baik maka segera kirim. Terdapat tombol “kirim” yang tersedia dan letaknya di bawah tampilan laman.

7. Tunggu Konfirmasi Dari Pihak Grab

Selanjutnya, setelah point 1 hingga 6 telah usai langkah terakhir yaitu tinggal menunggu konfirmasi selanjutnya. Jika beruntung, maka pendaftar akan segera dihubungi untuk menerima panggilan seleksi.

Biasanya panggilan ini akan dikirim melalui email. Maka agar tidak ketinggalan informasi terbaru, sebaiknya selalu mengecek email secara berkala.

Baca juga : 5 Aplikasi Cek Ongkir Semua Ekspedisi Lengkap (JNE, J&T, Tiki dll)

Itulah sejumlah langkah dari cara daftar grab bike dengan online. Hal ini bisa dilakukan bahkan hanya menggunakan smartphone. Jadi sangat mudah dan cepat untuk dijalankan.

Gambar Gravatar
Seorang blogger yang mencintai dunia teknologi dan ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang informasi tekno terbaru, saya senang jika tips yang saya berikan bisa bermanfaat bagi banyak orang.